-->

Jawa Tengah Menyimpan Cagar Budaya dan Wisata Menakjubkan

Jawa Tengah Menyimpan Cagar Budaya yang sangat Menakjubkan, Selain itu Provinsi Jawa Tengah memiliki kekayaan wisata dan Sejarah, banyak hal hal yang bisa kita temukan di Jawa Tengah dari Obyek Wisata sampai Obyek Sejarah, namun akhir akhir ini obyek obyek yang ada kurang di kembangkan secara maksimal oleh setiap daerahnya karena kurangnya komunikasi dari dinas pariwisata daerah dan dinas pariwisata jawa tengah, andaikan dinas daerah dan pusat bisa berkerjasama dengan baik maka potensi Jawa Tengah sebagai tempat wisata jawa tengah lebih berkembang. Dinas pariwisata pusat kurang melirik wisata daerah yang terpencil di Jawa Tengah dan lebih memusatkan ke wisata yang sudah terkenal seperti Candi Borobudur dan Lawang Sewu, ala hasil wisata sejarah di daerah terpencil kurang di expos oleh media sehingga tidak banyak orang yang mengetahui bahwa di Jawa Tengah masih memiliki wisata yang indah. Langsung saja saya akan bercerita sedikit tentang wisata Candi Liyangan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. 

Situs Candi Liyangan, Ngadirejo, Temanggung

Temanggung adalah suatu kota kecil yang dekat dengan Magelang, Semarang, dan Wonosobo. Temanggung ternyata memiliki pesona wisata Candi yang tak kalah Indah dengan candi yang lain karena letaknya yang stategis yang berada di kaki gunung sindoro, Situs Candi Liyangan merupakan temuan purbakala berupa candi dan terletak dikawasang Dusun liyangan , Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo Temanggung,, Jarak Candi Liyangan dari Kabupaten temanggung sekitar 200 Km. Tak hanya itu di situs ini juga ditemukan banyak benda seperti yoni, arca, dan talud serta batu batu candi. Namun Candi ini hanya mempunyai bagian kaki dan di atasanya ada yoni yang unik dan tidak seperti yoni di candi lainnya karena yoni ini memiliki 3 Lubang. Setelah di adakah Penelitiab oleh Arkeologi Yogyakarta pada tahun 2010 dan 2011, dapat disimpulkan bahwa candi besar ini merupakan sebuah perdusunan Mataram Kuno. Kesimpulan yang di dapat mengacu pada karakter bangunan, situs pemukiman, situs ritual dan sekaligus situs pertanian.

Bagi yang suka Sejarah dan Tempat wisata baru bisa mengunjungi wisata ini. selain biaya murah, namun pemandangan dan keindahan situs liyang sudah dapat diberikan apresiasi... dan sampai saat ini masih dapat proses pencarian candi candi lainnya yang masih terpendam di daerah situs liyangan.

Pakar Geologi dari Jerman juga merelakan datang ke Indonesia untuk melakukan peneliti situs Candi Liyangan, di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa tengah. Pakar Geologi ini sangat tertarik dengan perkampungan yang memiliki situs Candi ini




Situs Prasasti Gondosuli

Selain Candi Liyangan Temanggung juga punya Cagar Budaya lainnya, Seperti yang satu ini Prasasti Gondosuli. Prasasti Gondosuli letaknya di Desa Gondosuli, Kecamatan Bulu, Temanggung. Situs Prasasti luasnya sekitar 4.992 m2. Sejarah Prasasti Godosulinya adalah Prasasti Gondosuli menjadi saksi bisu kejayaan Dinasti Sanjaya, Pada waktu itu adalah masa pemerintahan Rakai Patahan yaitu raja di Mataram Kuno. Nama raja Rakai Patapan juga dapat dijumpai dalam Prasasti Karang Tengah yang kira kira ditulis pada tahun 824an. Setelah diadakannya penelitian Prasasti Gondosuli "Ternyata memuat 11 baris tulisan". bertuliskan huruf Jawa Kuno, tapi uniknya dengan bahasa Melayu Kuno. Dah segitu dulu pemaparannya, kalau kamu cinta sejarah dan pelestari cagar budaya bisa datang ke sini, maka anda akan tahu bagaimana sejarah prasasti Gondosuli ini. Selain itu masuk wisata ini juga murah kok, hehehehe selain menghemat biaya, tempat ini juga bisa dijadikan wahana bagi pencinta sejarah yang senang mengungkap suatu mister... Kalau penasaran bisa datang langsung ke TEMANGGUNG.


Situs Candi PRINGAPUS Temanggung

Nah ada lagi ni tempat yang sangat bersejarah banget, Tempat ini adalah situs Candi Pringapus. Situs Candi Peringapus terletak di desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung. Kalau dari kabupaten temanggung berjarak sekitar 22 km. Di sini terdapat berbagai arca-arca berartistik Hindu yang kaitan dengan Dewa Siwa, maka dari itu situs ini menandakan bahwa Candi Pringapus bersifat Hindu Siwa. Candi para peneliti situs Pringapus dibangun sejak  850 Masehi. Banyak Kisah dari situs ini, bagi pencinta sejarah dan Cagar Budaya Jawa Tengah bisa ke sini untuk melihat bagaimana sekarang Keadaan Situs Pringapus, dan bisa memperbaikinya agar cagar situs ini tetap terjaga.




Wisata tentang Sejarah Sudah, Biar ngga bosan langsung saja saya akan memberikan paparan tentang 2 wisata air yang almi yaitu wisata Jumprit dan Curug Trocoh, Kita Bahas Wisata Mata Air Jumprit dulu ya,,, heheheh next



Mata Air Umbul JUMPRIT

Sendang Mata Air Jumprit adalah wisata yang sering orang kenal, wisata ini terletak di lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Wisata ini sekilas sangat sederhana, namun kaya akan hal yang sekarang dicari cari oleh manusia yaitu alam. Di daerah ini alamnya masih terjaga, hawa sejuknya membuat pikiran menjadi segar dan dapat menghilangkan rasa lelah dalam rutinitas sehari hari. Di sekitar Sendang umbul Jumprit terdapat Banyak Goa kecil, Hutan yang masih sangat asri, Kera yang sangat ramah, beraneka ragam Burung yang berkicau, Lembah yang menawan membuat suasananya menjadi tenang, Perkebunan, Pemandangan dataran tinggi lereng Gunung Sindoro, dan deru sungai sungai kecil yang terus mengalir dari Umbul Jumprit. Sendang Umbul Jumprit di tetapkan sebagai Kawasan Wanawisata oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung pada tahun 1988 oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak HM Ismail pada waktu itu.




Curug Trocoh Tawangsari, Wonoboyo, Temanggung
Curug Trocoh atau yang sering di kenal Curug Surodipo, Diberi nama Surodipo karena untuk menghormati perjuangan Surodipo, yaitu pengikut setia Pangeran Diponegoro. Wisata indah sangat indah banget sob kalau pas ngga musim kemarau, Wisata ini Gratis sob. Temen saya cuma modal transpot aja untuk kesana, setelah kesana bener bener indah.... Air terjun yang mengalir menghilangkan rasa jenuh dalam runitinitas sehari hari. Bagi yang suka dengan wisata Gratis dan Indah Bisa langsung merapat ke Curug Trocoh Wonoboyo Temanggung.

Foto Temen gue saat di curug trocoh


Curug Lawe

Yang terakhir saya akan memaparkan tentang keindahan wisata Curug Lawe juga terletak di kawasan utara Kab Temanggung, Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Muncar, Kec Gemawang, Kab Temanggung. Kecamatan  wisata ini berbatasan langsung  dengan Kabupaten Kendal. Keindahan curug ini tidak kalah degan panorama alam curug lainnya, karena wisata ini sangat memuasakan dan memikat hati kita karena tepatnya tenang dan sejuk sob. Perjalanannya menuju lokasi tersebut cukup lancar banget, dengan jarak tempuh  26 km dari kota Temanggung kearah utara, nah kalau kamu suka dengan wisata curug bisa di datangin, jangan lupa bawa camera kerena pesona wisata disana indah banget lho..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Jawa Tengah Menyimpan Cagar Budaya dan Wisata Menakjubkan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel